Belajar Jarak Jauh, SD di Kota Malang Pakai Video dan WhatsApp

0

Kalangan pendidikan di Kota Malang tiada henti berkreasi. Tujuannya untuk memacu sekolah-sekolah agar menyiapkan diri pada pembelajaran jarak jauh. Beberapa SD sudah mengoptimalkan penggunaan WhatsApp dan Video.

SD-SD tersebut di antaranya Jajaran Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Gugus 1 Blimbing yang terdiri atas SDN Blimbing 1 Malang, SDN Blimbing 2 Malang, SDN Blimbing 3 Malang, SDN Blimbing 4 Malang, dan SDN Blimbing 5 Malang.

Untuk menyiapkannya, beberapa waktu yang lalu mereka mengikuti Workshop Pembelajaran Berbasis Dalam Jaringan (Daring/Online).

Kegiatan bertajuk Workshop Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis WhatsApp dan Video Pembelajaran yang dilaksanakan di SDN Blimbing 1 Malang ini dibuka secara langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kota Malang, Sutrisnawati.

Dalam sambutannya, Sutrisnawati menyampaikan terima kasih atas daya upaya Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Gugus 1 Blimbing dalam mempersiapkan pembelajaran berbasis daring melalui kegiatan tersebut.

“Semoga apa yang diupayakan ini mendapatkan kelancaran dan berjalan sesuai harapan semua pihak. Tahun pelajaran 2020/2021 akan dimulai pada 13 Juli 2020 meskipun tanpa tatap muka secara langsung antara guru dengan siswa. Sehingga dengan kegiatan ini didapatkan satu kesatuan pemahaman dan pelaksanaan pembelajaran daring yang efisien serta efektif, baik itu bagi guru, siswa, maupun orang tua siswa,” tuturnya.

Mewakili Kepala Disdikbud kota Malang, Zubaidah, Sri Sutrisnawati menyampaikan materi terkait kebijakan Pemerintah Kota Malang di bidang pendidikan pada era new normal serta disiplin pegawai.

Selain menghadirkan Sutrisnawati, sebagai narasumber, kegiatan tersebut juva menghadirkan Pengawas SD Disdikbud kota Malang Didik Bekti Purwianto. Ia memaparkan materi berkaitan Pembekalan Tahun Ajaran Baru 2020/2021.

Pada sesi materi ini, 80 persen guru melakukan praktik, sisanya teori. Sebab inti dari pembelajaran daring ini ialah pendidik mampu menyajikan materi pembelajaran ynag ringkas, mudah, dipahami, dan dapat dikerjakan dengan baik oleh siswa.

Dalam sambutannya, ketua pelaksana sekaligus Kepala SDN Blimbing 1 Malang Tjipto Yhuwono menyampaikan bahwa kegiatan workshop tersebut merupakan salah satu bentuk adaptasi terhadap pandemi covid-19.

Ia berharap, usai mengikuti kegiatan ini tenaga pendidikan di gugus 1 Kecamatan Blimbing dapat menyusun rencana pembelajaran daring secara terstruktur, mudah dipahami, dan dikerjakan oleh peserta didik meskipun pembelajaran dilaksanakan dengan metode daring.

“Jadi pembelajaran daring tidak dilaksanakan secara asal asalan saja. Semua tetap mengacu pada aturan, peraturan, serta kurikulum yang berlaku,” tandasnya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.