UIN Malang Songsong Ukhuwah Islamiah di Tengah Pandemi Corona

0

Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menggelar Webinar Nasional. Tokoh-tokoh nasional membanjiri forum ilmiah virtual di Kampus Ulul Albab ini. Webinar Nasional bertajuk Merawat Ukhuwah di Tengah Wabah ini mengundang Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj dan Ketua Umum PP Muhammadiyah KH Haedar Nashir, Kamis (11/6/2020).

Rektor UIN Malang Prof Dr H Abdul Haris menyampaikan Ukhuwah Islamiah seyogyanya dijaga dan dirawat bersama-sama. Antar umat beragama mestinya hidup berdampingan rukun dan damai.

“Persatuan NU dan Muhammadiyah menjadi kekuatan yang luar biasa. Ketika bangsa diterpa fitnah, dua organisasi besar ini hadir menyelesaikan,” tegasnya.

Haris berharap Ukhuwah Islamiah bukan sebatas retorika dan wacana namun lebih dari itu diwujudkan dengan langkah nyata.

“Ukhuwah islamiah ini penting tidak hanya dua ormas tapi semuanya bersatu menjadi satu kekuatan untuk bangsa Indonesia,” paparnya.

Ketua Umum PP Muhammadiyah KH Haedar Nashir menyampaikan pesan perdamaian bagi umat Islam di Indonesia. Baginya, keragaman yang dimiliki Indonesia ini adalah aset berharga yang perlu dijaga kerukunannya.

Ia mengingatkan kembali terkait makna Islam yang rahmatan lil alamin. Bagaimana Islam bisa menyebarkan dakwah ramah dan menjadi penengah dalam tiap persoalan bahkan memberi solusi.

“Semoga UIN Malang semakin maju. Bersama kampus lain menjadi pilar membangun ukhuwah islamiah yang lebih luas lagi yakni persatuan Indonesia,” tukasnya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.