Hampir Separoh Pendaftar SBMPTN Berbasis Komputer Belum Cetak Kartu

0

Ratusan ribu siswa telah mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Namun, hampir separonya belum menyelesaikan proses hingga cetak kartu.

Merujuk pada data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), hingga Kamis (4/6) pukul 08.07 WIB, tercatat jumlah peserta permanen pilihan pusat UTBK sebanyak 288.209 orang. Sementara itu, peserta yang menyelesaikan proses pendaftaran hingga cetak kartu baru 127.181 orang. Terdiri atas, 86.949 peserta reguler dan peserta kartu Indonesia pintar (KIP) kuliah 40.232 orang.

Koordinator Bidang Humas LTMPT Anwar Efendi menjelaskan, peserta permanen merupakan peserta yang sudah memilih pusat UTBK atau tempat untuk tes. Mereka belum melanjutkan ke tahap berikutnya, yakni pembayaran, untuk kemudian memasuki tahap memilih program studi (prodi) hingga simpan permanen.

Khusus peserta KIP kuliah langsung melanjutkan ke tahap pemilihan prodi tanpa harus membayar karena gratis. ”Kalau reguler (bukan KIP kuliah), dia harus membayar dulu. Setelah membayar, baru dapat melanjutkan proses pendaftaran,” paparnya.

Anwar mengimbau peserta yang belum sampai proses simpan permanen atau cetak kartu untuk meneliti kembali pilihan pusat UTBK. Dianjurkan memilih lokasi terdekat dari tempat tinggal untuk kemudahan mengikuti tes bulan depan. Ketika sudah cetak kartu, pilihannya itu sudah tak bisa diubah. Termasuk, pilihan prodi dan PTN.

Anwar mengatakan, pihaknya juga menerima aduan soal sinkronisasi pembayaran. Ada kendala teknis dari bank yang menyebabkan saldo peserta terdebit lebih dari sekali. ”Nanti ada sinkronisasi data LTMPT dan bank untuk menyelesaikan kasus ini,” ujarnya.

Meskipun bisa melalui teller bank mitra (Mandiri, BNI, BTN) dan ATM, Anwar menyarankan peserta membayar secara daring untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.