UI, UGM, IPB Masuk 100 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Dunia Kategori Impact Ranking

0

Dunia pendidikan Indonesia semakin diakui di kancah internasional. Tiga perguruan tinggi di negeri ini, dinyatakan masuk dalam 100 besar perguruan tinggi terbaik yang mampu memberikan dampak luas bagi sosial dan ekonomi bangsa melalui aktivitas penelitian, pengajaran, dan pengabdian masyarakat.

Tiga perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Indonesia (UI) di peringkat 47, Universitas Gajah Mada (UGM) di peringkat 72, dan IPB University di peringkat 77.

Informasi diperoleh, Jumat (22/5/2020), peringkat perguruan tinggi terbaik tersebut diketahui berdasarkan rilis daftar Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi bergengsi Dunia Times Higher Education (THE) World University Impact Rankings 2020 yang diumumkan pada Rabu (22/4/2020) melalui laman https://www.timeshighereducation.com/rankings/impact/2020.

Dalam proses pemeringkatan, THE melibatkan setidaknya 766 universitas dari 85 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Pemeringkatan Impact Ranking oleh THE dilakukan dengan mengukur dan melihat peran perguruan tinggi di dunia melalui 17 indikator Tujuan Sustainable Development Goals (SDGs).

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Plt. Dirjen Dikti), Nizam menyebut peringkat tersebut merupakan prestasi membanggakan yang telah ditorehkan UI, UGM dan IPB.

“Prestasi ini sangat membanggakan. Ini menunjukkan perguruan tinggi di Indonesia sangat berperan bagi pembangunan berkelanjutan, tidak hanya menjadi menara gading, namun menjadi menara air. Pengabdian perguruan tinggi Indonesia kepada masyarakat diakui dunia internasional,” katanya.

Selain itu, kata Nizam, terdapat enam perguruan tinggi Indonesia yang juga berhasil menuliskan prestasi yang menggembirakan.

Perguruan tinggi tersebut antara lain, Unpad yang berada di peringkat 101-200, UB di peringkat 201-300, Unair di peringkat 301- 400, ITB di peringkat 301-400, Undip di peringkat 301-400, dan ITS di peringkat 401-600.

Nizam berharap, prestasi tersebut dapat dijadikan pemacu semangat perguruan tinggi di Indonesia untuk semakin berkontribusi bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

“Sejalan dengan tujuan SDGs, maka peran dan sumbangsih perguruan tinggi Indonesia selama pandemi Covid-19 ini, diharapkan juga dapat ditingkatkan mulai dari pencegahan hingga penanganan Covid-19,” ujar Nizam.

Tanggapan Para Rektor

Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro menyebut, posisi UI di peringkat ke-47 dunia merupakan prestasi yang besar dan menunjukkan bahwa UI semakin dikenal masyarakat global dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia.

“Kontribusi para tenaga pengajar, peneliti, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta berkolaborasi dengan industri, pemerintah, dan masyarakat mampu membuat UI semakin melesat dan berdampak bagi negeri,” tutur Ari Kuncoro dilansir dari Infopublik.

Ia menyebut, meski pandemi corona tengah menerpa Indonesia, UI akan tetap berkomitmen menghadirkan solusi atas permasalahan Covid-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat.

Sementara itu, Rektor IPB, Arif Satria menyebut torehan prestasi tersebut membuktikan bahwa perguruan tinggi di negara berkembang juga memilki kesempatan untuk menunjukkan kinerjanya melalui metodologi pemeringkatan yang dilakukan oleh lembaga independen dunia yang kredibel tersebut.

Disebutkan, IPB sebelumnya juga telah memperoleh penghargaan nasional di bidang inovasi, dan hasil ini juga menegaskan lagi peringkat IPB sebagai Top 60 pada QS World University Ranking by Subject on Agriculture and Forestry 2020.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.