Seleksi Masuk Politekni Negeri Dibuka

0

Seleksi Bersama Politeknik Negeri (SBMPN) telah dibuka pada Selasa (19/5). Jalur ini diperuntukkan bagi calon siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi khususnya poltekinik dan poltani negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Jenderal Pendidikan Sekolah Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto mengatakan, seleksi ini bisa diikuti oleh siswa SMA, SMK, MA, dan kejar paket C lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020. “Seleksi ini dalam satu sistem terpadu, dan dilaksanakan secara serentak,” kata Wikan, dalam konferensi video, Selasa.

SBMPN kali ini dilaksanakan dengan sistem seleksi portofolio. Mekanisme ini disesuaikan dengan kondisi darurat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia. Sebelumnya, seleksi ini dilaksanakan melalui mekanisme ujian tulis.

Ketua SMBPN 2020, Zainal Arif, menjelaskan, mekanisme berbasis portofolio ini seperti SNMPTN. Namun, setelah portofolio ada tahapan lain yang boleh dilakukan oleh polteknik dalam proses penerimaan calon peserta.

“Ada politeknik yang menyelenggarakan tahap lanjutan, seperti tes wawancara, kesehatan fisik, sampai tes skolastik. Ini memang jadi prerogatif dari politeknik masing-masing,” kata Zainal.

Adapun informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SBMPN dapat diakses melalui laman https://sbmpn.politeknik.or.id. Calon peserta bisa login menggunakan username dan password yang akan diberikan kepada peserta setelah melakukan registrasi dan pembayaran biaya pendaftaran.

Selanjutnya pendaftar akan diarahkan untuk memasukkan data secara online. Selain mengakses laman https://sbmpn.politeknik.or.id peserta dapat juga menghubungi Politeknik Negeri terdekat yang tergabung dalam SBMPN ini.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.