Wapres Ma’ruf Amin Minta Lembaga Pendidikan Jadi Filter Pemanfaatan Teknologi Digital Secara Negatif

0

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta lembaga pendidikan, terutama Perguruan Tinggi menjadi filter dari berbagai Pemanfaatan Teknologi Digital secara negatif. Hal itu ia sampaikan melalui akun Twitter pribadinya, Minggu (17/5/2020).

“Ajarkan cara memanfaatkan teknologi digital secara sehat. Terus kampanyekan pesan-pesan positif dalam kampus, terutama terkait bela negara, patriotisme, cinta sesama, dan toleransi,” kata Ma’ruf.

Ia berpendapat, lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab besar dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) sehingga dapat bersaing secara global. Katanya, jika lembaga pendidikan Indonesia benar-benar menjalankan fungsinya, maka akan tercipta SDM yang memiliki keunggulan kompetitif secara global tetapi juga berpijak pada kearifan lokal.

“Saya teringat dengan Presiden Indonesia Ke-3 Bapak Prof. Dr. B.J. Habibie yang selalu dijuluki “otak Jerman tapi berhati Mekkah”. Julukan tersebut mengandung arti bahwa otak kita, atau kemampuan kita bisa melanglangbuana dan bersaing di era global ini,” tuturnya.

Namun demikian, kemampuan kompetisi di kancah global saja bagi dia belum cukup. “Tapi hati kita atau jati diri kita tetap harus melekat sesuai dengan identitas dan akhlak sebagai insan nusantara,” katanya.  Hal itu Ma’ruf sampaikan dalam rangka Dies Natalis ke-56 Universitas Negeri Jakarta (UNJ). “Semoga UNJ menjadi perguruan tinggi yang melahirkan SDM unggul dengan berkepribadian Indonesia,” tutupnya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.