PPDB Online SD-SMP, Wali Murid Masih Kesulitan Akses Link

0

 

 Padatnya sistem pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online SD-SMP berimbas pada sejumlah masalah. Salah satunya, wali murid pendaftar kesulitan mengakses link pendaftaran di jam tertentu.

Adis, warga Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, menuturkan bahwa sejak hari pertama pendaftaran, Senin (11/5/2020) hingga Selasa (12/5/2020), link pendaftaran masih sulit diakses.

Ia mendaftarkan anaknya yang bersekolah di SD Muhammadiyah 9 melalui jalur prestasi rata-rata rapor. Dengan pilihan sekolah SMPN 3, SMPN 5, dan SMPN 21.

“Kemarin awalnya susah, lalu agak siang link sudah bisa dan saya mulai daftar termasuk upload berkas. Waktu klik tombol selesai tiba-tiba yang keluar tulisan halaman tidak ditemukan,” ungkap Adis ditemui di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Adis awalnya berniat mencoba kembali pada sore dan malam hari. Namun, justru link sama sekali tidak bisa dibuka. Dia pun kebingungan dengan situasi tersebut. “Memang kalau di juknis kan jam kerja pukul 08.00-16.00. Tapi masa ya untuk sistem ada jam juga. Ya kalau bisa jangan di jam beginilah,” tambahnya.

Beberapa narasumber lain pun mengaku menerima keluhan yang sama dengan Adis. Menanggapi hal ini, Sekretaris Disdikbud Kota Malang Totok Kasianto pun angkat bicara. “Iya memang sejak kemarin server masih terus mengalami perbaikan. Insya Allah sore ini sudah teratasi dan sudah bisa diakses 24 jam,” kata Totok di hadapan wali murid yang datang ke Disdikbud Kota Malang.

Totok pun meminta maaf akan situasi ini. Jika dibutuhkan, ia mengatakan, ada kemungkinan pendaftaran yang semula tanggal 11-14 Mei bisa diperpanjang. Termasuk mengundur jadwal verifikasi yang semula tanggal 15-16 Mei, pengumuman 18 Mei dan daftar ulang 18-20 Mei.

“Jika memang dibutuhkan akan diperpanjang untuk jalur prestasi, afirmasi, dan kepindahan orang tua yang sedang berlangsung. Untuk saat ini kami maksimalkan dulu perbaikan,” tandasnya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.