Kelulusan Siswa SD dan SMP Ditentukan Nilai Semester Akhir

0

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunung Mas, Singong mengatakan, kelulusan siswa SD dan SMP tidak bedasarkan nilai Ujian Nasional (UN) tetapi ditentukan dari nilai semester terakhir. 

“Karena UN ditiadakan selama pandemi Covid-19, maka penentuan kelulusan untuk jenjang SD dan SMP diambil dari nilai semester akhir dan nilai semester genap digunakan sebagai tambahan nilai,” katanya di ruang kerjanya, Selasa (12/5/2020).

Dia menjelaskan, penentu kelulusan untuk sekolah dasar (SD) itu berdasarkan nilai semester akhir mulai dari kelas IV, V, VI dan nilai semester genap kelas VI dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan. 

Sedangkan untuk tingkat SMP diambil dari nilai 5 semester terakhir dan nilai semester genap kelas 9 dapat juga digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan. 

“Pengumuman kelulusan dilakukan pada 5 Juni untuk SMP dan untuk SD pada 15 Juni mendatang,” ujarnya. 

Dia menambahkan, setelah pengumuman dilakukan, pihak sekolah akan membuka penerimaan siswa baru dangan sistem online atau daring bagi wilayah yang terjangkau sinyal. 

Sedangkan untuk wilayah pedalaman atau daerah tidak terjangkau akses internet,  maka diharuskan mengambil sendiri formulir disekolah, dan harus menerapkan prosedur penanganan covid-19 yang sudah ditentukan. 

“Kami sudah meminta kepada masing-masing pihak sekolah, supaya tetap mengacu pada standar dan protokol penanganan covid-19, ini dilakukan guna minimalisir penyebaran virus,” tuturnya. 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.