Universitas Budi Luhur Berbagi APD dan Logistik Untuk RS Persahabatan dan TPU Pondok Rangon

0

Jakarta, 23 April 2020. Menyambut  Ramadan di tengah wabah Covid- 19, Universitas Budi Luhur menyebarkan kebaikan dengan berbagi APD dan bantuan logistik untuk melindungi para medis dan petugas pemakaman  agar tetap sehat  dalam menjalankan ibadah puasanya.  BLUtizen Morning Action PSBB (Paket Sehat Bantuan Budi Luhur)  dilaksanakan pada hari  Kamis, tanggal 23 April 2020 dengan mengunjungi RS Persahabatan, Jakarta Timur, sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid- 19 dan TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur sebagai lokasi pemakaman korban Covid- 19.

RS Persahabatan saat ini merawat sekitar 300 orang dengan gejala Covid- 19, meski jumlah pasien mengalami penurunan, namun pihak rumah sakit masih membutuhkan bantuan APD untuk melindungi paramedis yang menjadi baris terdepan penanganan pandemic ini. Untuk saat ini skala prioritas kebutuhan APD per 21 April 2020 yakni, Baju OK ScrubCover All Bahan PVC (Untuk ICU dan IGD), masker N92, Handscoen Steril Panjang, Shoe Cover, Head Cap, Masker Bedah, Sarung Tangan non-steril, Face Shield, Goggle.  Selanjutnya, Direktur Perencanaan, Organisasi & Umum Rumah Sakit Persahabatan,  dr. Yudhaputra Tristanto, M.Kes, berterimakasih terhadap Universitas Budi Luhur dengan kepeduliannya terhadap tenaga medis yang ada di Indonesia.

“Saat ini RS Persahabatan membutuhkan pada setiap harinya membutuhkan alat APD sebanyak 400-600 buah. Apabila pasien terus bertambah maka kami membutuhkan APD mencapai 1.000 buah. Hingga saat ini, lima tenaga medis kami telah dirumahkan karena menurunnya daya tahan tubuh para tenaga medis tersebut  dalam melayani pasien Covid- 19 selama 6 jam setiap harinya”, ujar dr. Yudhaputra.

Bantuan sebanyak 115 paket APD, masker medis, dan bantuan logistik  dari Universitas Budi Luhur diserahkan langsung oleh Kasih Hanggoro, MBA, sebagai Ketua Pelaksana Harian Yayasan Budi Luhur Cakti.  Pada kesempatan yang sama Kasih Hanggoro menjelaskan, “Kegiatan ini dilaksanakan team Humas kami yang dilaksanakan pada setiap hari kamis dengan memberikan bantuan yang semampunya. Pada intinya, kami disini sebagai relawan yang siap untuk menjadi garda terdepan untuk melindungi  tenaga medis. Kami juga menghimbau  masyarakat  tetap dirumah saja  serta menjaga kebersihan untuk memutus siklus virus Covid- 19 di Indonesia”.

Aksi dilanjutkan dengan memberikan bantuan APD  dan bantuan logistik untuk TPU Pondok Rangon yang menjadi lokasi pemakaman khusus korban Covid- 19. Setiap harinya TPU Pondok Rangon memakamkan 29-31 korban Covid- 19. Namun, dijelaskan oleh Jayadi selaku staff  pemakaman  bahwa terdapat penurunan jumlah korban Covid- 19 pada minggu lalu hingga 50%.

Sejak diekspos oleh media sosial, banyak masyarakat yang membantu kebutuhan para petugas TPU Pondok Rangon karena  team  harus bekerja keras hingga jam 10 malam karena pemakaman dengan prosedur Covid- 19 harus disegerakan. Kami mengucapkan terima kasih atas bantuannya. Semoga bantuan dari Universitas Budi Luhur  dapat membantu melindungi petugas kami dalam menjalankan tugasnya.”ujar Jayadi.

Selain aksi sosial, Universitas Budi Luhur turut mengambil bagian untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak oleh pandemi Covid- 19 dengan memberikan potongan biaya pendidikan sebesar 50% bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di Universitas Budi luhur.

Tim Humas Universitas Budi Luhur juga mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, semoga di tengah wabah Covid-19 ini seluruh umat Muslim dapat melaksanakan ibadah dengan lebih khusyuk lagi.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.