Mahasiswa UIN Jakarta Ikuti Asean Future Leader Summit 2018

0

Mega Zulaila Dinni, mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta berksempatan mengikuti program Asean Future Leader Summit di Malaysia dan Thailand pada 22 Juli-3 Agustus 2018.

Demikian dituturkan Mega pada Berita UIN Online, Senin (13/8/2018) di Bagian Akademik dan Kemahasiswaan gedung FITK lt 2. Dijelaskannya, kegiatan tersebut dihelat dalam rangka untuk menyukseskan program pendidikan dalam bentuk program pertukaran pelajar yang berlangsung selama 14 hari diikuti seluruh universitas di ASEAN.

Mega terpilih bersama 13 delegasi lainnya dari beberapa universitas di Indoneisa, diantaranya Universitas Gajah Mada, Universitas Pajajaran Bandung, Universitas Andalas, dan beberapa universitas lainnya, baik negeri maupun swasta.

Selama mengikuti program pertukaran pelajar, mahasiswi semester tiga itu mengungkapkan, dirinya berkesempatan memperkenalkan Indonesia dan UIN Jakarta kepada delegasi lainnya.

“Mereka tertarik dengan produk Indonesia, terutama batik dan berencana untuk mengunjungi Indonesia dan UIN Jakarta,” ujar Mega.

Program Afles sendiri, lanjut Mega, merupakan program kolaborasi dari Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, Univeristas Utara Malaysia (UUM), Universiti Scinces Malaysia (USM), Prince of Songkla University (PSU) dan Higher Education Leadership Academy (AKEPT).

“Kita kunjungi semua kampus itu untuk belajar tentang budaya dan pariwisata yang ada di berbagai negara,” imbuhnya.

Menurutnya, program ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa, universitas, masyarakat, terutama komunitas Gerakan Ayo Mengajar di FITK.

“Bagi mahasiswa, program ini dapat menguatkan jiwa kepemimpinan, memperluas wawasan dan pengetahuan, sehingga bisa menjadi capaian baik untuk universitas yang membawa iklim kondusif bagi suasana akademisi di kalangan mahasiswa,” tandasnya.

Mega berharap dengan keikutsertaanmya dalam program Afles 2018 ini, akan  mendapatkan bekal untuk kontribusi positif untuk masyarakat dan sekitarnya, agar bia terus menginspirasi untuk kaum muda dan masyarakat

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.