Lomba Cerita Rakyat Di Kendari

0

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, menggelar lomba bercerita rakyat, lomba perpustakaan, dan karya tulis.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kendari, Aidir Rere di Kendari, Rabu 18/4/2018  mengatakan, lomba cerita rakyat dan lomba perpustakaan yang setiap tahun dilaksanakan itu pesertanya dari kalangan siswa sekolah dasar (SD) dan SLTP sederajat, SLTA baik negeri maupun swasta.

“Tujuan dari lomba cerita rakyat dan perpustakaan itu adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat (literasi-red). Sebab walaupun bagaimana Dinas Perpustaakan dan Arsip gedungnya masih terbatas, tetapi koleksi buku sebagai referensi baca sudah memadai,” ujaranya Aidir.

Ia mengatakan, pemerintah pusat telah menjanjikan dana alokasi khusus (DAK) 2019 untuk pembangunan gedung yang refresentatif dengan lokasi di sekitar kawasan RS Kota Kendari.

Tanpa menyebut besaran nilai bantuan untuk pembangunan gedung perpustakaan baru tersebut, namun menurut manatan Kabid Capil Kendari itu mengatakan, persyaratan yang diminta pusat terkait bantuan dana gedung sudah dikirim seperti denah lokasi, IMB, amdal, sertifikat tanah yang sudah ada.

Aidir Rere menambahkan, Dinas Perpustakaan dan Arsip mempunyai tugas selain melaksanakan urusan pemerintahan dan tugas pembantuan dibidang kearsipan dan perpustakaan juga melakukan pembinaan, pengawasan dan pengendalian kegiatan bidang teknis meliputi bidang kearsipan dan perpustakaan.

Khusus jumlah kunjungan masyarakat yang datang di perpustakaan Kota Kendari, kata Aidir jumlahnya tidak menentu dan umumnya masih didominasi bagi pegawai kantoran lingkup kota dan provinsi untuk referensi bagi yang mengikuti pendidikan dan pelatihan kedinasan sementara siswa pelajar hanya pada hari dan jam tertentu.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.